Experiental learning atau biasa dikenal dengan Outbound merupakan contoh nyata dari sebuah kejadian langsung yang menimbulkan pola pikir baru dengan kesimpulan baru yang muncul akibat dari persepsi diri atas kejadian - kejadian di lapangan. Dan metode ini merupakan metode favorit dalam merefresh kembali pola berpikir karyawan dalam sebuah perusahaan.

Tentunya, dalam hal ini perusahaan tidak hanya memberikan hal tersebut secara sia - sia. Perusahaan memiliki target dalam mencapai tujuan tertentu, banyak hal yang didapat dengan kegiatan Outbound / Experiental Learning baik HARDSkill dan SOFTSkill, diantaranya :

       SOFTSkill
  1. people skills, kemampuan Anda berinteraksi dengan orang lain secara individual dan memahami kebutuhan atau keinginan mereka.  Anda menempatkan orang lain didepan kepentingan sendiri.
  2.  social skills, cara berhubungan dengan orang-orang dalam kelompok disekitar Anda.  Apakah Anda tergolong yang menutup diri atau orang yang terbuka dengan sekelompok orang.
  3. communication skills, cara Anda berbicara, berkata-kata, menulis, menjawab e-mail, merespon surat, dan lainnya.  Komunikasi adalah cara Anda menyampaikan dan menerima pesan
  4. character traits, perilaku dan sikap Anda yang membentuk kepribadian
  5.  attitudes, Sikap Anda terhadap seseorang atau sesuatu yang tercermin dari tingkah laku
  6. social intelligence, kemampuan dalam mengelola orang lain baik lelaki atau perempuan
  7.  emotional intelligence, kemampuan mengindentifikasikan serta mengelola emosi diri sendiri dan orang lain
## Soft Skills dalam Organisasi Bisnis 

1.  Communication Skills
Seseorang dengan komunikasi yang baik mempunyai kemampuan dalam mengolah informasi baik lisan ataupun tulisan secara akurat. Selain itu mereka dengan ketrampilan komunikasi mampu memberikan informasi sebaliknya secara tepat dan akurat, dan dapat diterima serta dicerna dengan mudah oleh orang lain.
2.  Interpersonal Skills
Interpersonal Skills adalah kemampuan dalam berhubungan baik kepada lawan bicara atau orang lain.  Anda adalah seorang pendengar yang baik, dan tidak mudah menghakimi orang lain, suka berbagi ide dan masukan.  Sebagai seorang yang mempunyai interpersonal skills Anda akan menjadi partner yang selalu sedia manakala rekan kerja membutuhkan Anda.  Manfaat Soft Skills Interpersonal Skill ini adalah salah satu parameter terpenting dalam membangun jejaring kerja Anda.
3.  Problem Solving & Critical Thinking
Ketrampilan ini adalah kemampuan dalam menganalisa dan mengidentifikasikan sebuah masalah serta memberikan berbagai kemungkinan penyelesaiannya (solusi).  Menggunakan nalar yang logis adalah kemampuan dalam Problem Solving, sehingga pendekatan masalah akan mudah terselesaikan secara efektif dan efisien.
4.  Active Listening
Kemampuan mengelola diri sendiri untuk mau mendengarkan orang lain dan mengambil manfaat dari pendapat atau masukan lawan bicara.  Melakukan interupsi hanya jika memang harus dilakukan, bukan sekedar ingin tampak bersuara atau tampak aktif.  Mendengarkan adalah kemampuan non teknis yang cukup krusial untuk memperoleh informasi lengkap agar tidak salah persepsi.
5.  Active Learning
Mau menambah ilmu dan wawasan terlebih jika terkait dengan pekerjaanya.  Aktif membaca dan belajar hal baru yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan karir Anda merupakan salah satu soft skills yang patut dilatih.
6.  Organizational Skills
Mampu melakukan pendekatan yang sistematis dalam pembagian tugas dan wewenang kepada setiap individu yang terlibat.  Organizational Skills merupakan kemampuan Anda melihat the right man at the right place.
7.  Time Management Skills
Kemampuan mengelola waktu sendiri sehingga setiap tugas dapat terselesaikan sesuai jadwal yang dibuat diawal.  Mampu menentukan prioritas kerja sehingga tidak ada tugas yang tertunda atau bahkan tertinggal.
8.  Team Player
Kemampuan Anda dalam bekerja sama orang lain, saling mendukung dan saling memperkuat, sehingga akan terjadi sinergi dan hasil maksimal. Mau bekerja sama dengan siapapun, mampu menjadi pemimpin dan sekaligus menjadi pengikut sebagaimana situasi yang ada.  Berbagi tanggungjawab dengan anggota tim, dan menerima apresiasi saat sukses atau tanggungjawab saat gagal.
9.  Professionalism
Profesional adalah karakter yang sulit didefinisikan, namun sangat mudah terlihat manakala Anda tidak menjalankannya.  Seorang yang rajin datang pagi ke kantor dan pulang sore sesuai aturan jam kerja sudah memenuhi kriteria professional, namun jika dalam pekerjaannya dia tidak pernah memenuhi deadline, timeline atau target, maka bisa jadi dia tidak professional.  Professional dapat bersifat subyektif tergantung sejauh mana ekspektasi masing-masing, antara bawahan dan atasan. Tetapi secara umum dapat didefinisikan bahwa professional adalah orang yang selalu tepat waktu, sopan dan santun, menyenangkan, berpakaian formal dan pantas serta bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya.
10.  Flexibility & Adaptability
Kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Lingkungan kerja saat ini atau pun lingkungan kerja baru.  Reaksi dan respon Anda terhadap sekitar menjadi poin penting dalam pengembangan karir dan diri Anda. Manfaat Soft Skills Keluwesan dan Adaptasi membuat Anda semakin mudah berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan, sehingga mudah pula menerima tantangan dan tanggung jawab kerja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar